Rabu, 09 Maret 2016

Kawasan Wisata Grama Tirta Jatiluhur



        Kawasan Wisata Grama Tirta Jatiluhur merupakan salah satu objek dan daya tarik wisata di Jawa Barat, tepatrnya terletak di Kabupaten Purwakarta, dan lokasi tersebut cukup strategis, ategis karena kawasan tersebut terletak di jalur yang menghubungkan Kota Bandung dan Jakarta sehingga setiap orang dapat dengan mudah mengunjungi kawasan tersebut apalagi orang yang sering melakukan perjalanan dari Kota Bandung ke wilayah Jabodetabek. Lokasi Kawasan Wisata Jatiluhur hanya 6 km dari pintu gerbang tol Jatiluhur/Ciganea atau sekitar 40 menit dari Bandung dan 1,5 jam dari Pintu tol Pondok Gede Jakarta, akses ke Kawasan Wisata Grama Tirta Jatiluhur sangat mudah sekali dikunjungi dan yang paling penting adalah bebas dari kemacetan.
 Kawasan Wisata Grama Tirta Jatiluhur

Waduk di Kawasan Wisata Grama Tirta menyalurkan air ke sebagian besar daerah di Provinsi Jawa Barat dan saat ini tersebut dijadikan sebagai daya tarik wisata di wilayah Purwakarta.  Jatiluhur yang selama ini dikenal masyarakat dengan waduk dan PLTA Ir. H. Djuanda memiliki beberapa icon wisata lain yang belum dikenal oleh masyarakat luas semenjak selesainya kegiatan pembangunan waduk dan Pembangkit Listrik Tenaga Air banyak aset Pembangunan PLTA tersebut yang dimanfaatkan sebagai objek wisata. 
Waduk di Kawasan Wisata Grama Tirta juga menyalurkan air ke sebagian besar daerah di Provinsi Jawa Barat dan saat ini tersebut dijadikan sebagai daya tarik wisata di wilayah Purwakarta saat dilaksanakannya kegiatan pengembangan, penataan dan pengelolaan yang lebih profesional kawasan wisata Jatiluhur sangat layak dijadikan sebagai objek dan daya tarik wisata. Nama Kawasan Wisata Grama Tirta Jatiluhur diambil dari bahasa sansakerta yang artinya Kampung Air dan filosofinya  adalah sebagian besar area yang berada di kawasan ini adalah air atau danau. Di dalam kawasan wisata ini terdapat beberapa objek wisata yang dapat dinikmati oleh masyarakat baik untuk kegiatan rekreasi, pertemuan, menginap, perkawinan atau pesta dan lain-lain. 

 Pemandangan Waduk Jatiluhur 




Selama pengunjung berada di Kawasan Wisata Grama Tirta Jatiluhur mereka dapat melakukan berbagai aktivitas atau yang dikenal what to do serta melihat berbagai atraksi wisata atau yang dikenal what to see. Sebagai obyek dan daya tarik wisata, Kawasan Wisata Grama Tirta Jatiluhur menyediakan berbagai fasilitas yang dapat digunakan wisatawan agar mereka dapat melakukan beragam aktivitas yang terkesan menyenangkan dan kawasan tersebut juga memiliki daya tarik wisata yang menarik pengunjung untuk berkunjung ke kawasan tersebut sehingga mereka dapat melihat berbagai pemandangan yang indah.

Kawasan Wisata Grama Tirta Jatiluhur memiliki daya tarik agar pengunjung betah berada di kawasan tersebut yang antara lain sarana untuk melakukan berbagai kegiatan wisata yang antara lain paint ball, water boom, dan akomodasi. Pengunjung dapat bermain paint ball khususnya mereka yang datang secara kelompok (group) dan mereka dapat bermain air di waterboom yang sudah disediakan sambil melihat keindahan waduk Jatiluhur. Waterbook di Kawasan Wisata Grama Tirta Jatiluhur tersebut terdiri dari berbagai macam kolam renang berdasarkan luas dan tingkat kedalaman sehingga pengunjung dapat beraktivitas dan bersenang-senang bermain air dan perosotan. Kawasan Wisata Grama Tirta Jatiluhur menyediakan akamodasi yang terdiri bungalow dari berbagai jenis dan ukuran serta hotel untuk menginap dan cafe sehingga pengunjung akan lebih betah untuk berada di kawasan tersebut lebih lama.  

 Salah satu Fasilitas Water Boom di Kawasan Wisata Grama Tirta Jatiluhur


           Atraksi di Kawasan Wisata Grama Tirta Jatiluhur juga dapat dilihat seluruh pengunjung yang datang yang antara lain pemdangan Waduk Jatiluhur, matahari terbenam (sunset) di sore hari, dan beranekaragam bentuk taman. Pengunjung yang datang ke Kawasan Wisata Grama Tirta Jatiluhur rata-rata ingin melihat dan mengetahui pemandangan waduk Jatiluhur secara dekat, dan waduk tersebut merupakan salah satu atraksi wisata andalan yang ditawarkan Kawasan Wisata Grama Tirta Jatiluhur apalagi di saat sore hari banyak yang pengunjung yang datang dengan tujuan melihat matahari terbenam di atas waduk secara jelas. Pengunjung juga dapat melihat danau di atas cafe sambil menikmati berbagai makanan dan minuman yang disediakan.    


Ditulis oleh: Arya Nugraha Soepardi (NIM: 201521016)


 

1 komentar:

  1. Halo Arya,

    Saya mewakili tim pengelola website dan sosial media indonesia.travel ingin memohon izin untuk menggunakan image pada salah satu postingan website Anda ini, yaitu:
    https://1.bp.blogspot.com/-8qqd74GAOwc/VuA5SV_vP6I/AAAAAAAAABg/-0BzbISeyAE/s1600/foto2034.jpg

    Image tersebut akan kami sertakan di website indonesia.travel sebagai image pendukung untuk promosi purwakarta dan jatiluhur

    Mohon untuk dapat menghubungi saya di heni@inbound.id untuk konfirmasi kesediaannya.

    Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.

    BalasHapus